Kelas 1 Judul Buku Fikih Siswa Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2019 Tahun Revisi 2019 Keterangan Katalog Dalam Terbitan (KDT...
Kelas | 1 |
Judul | Buku Fikih Siswa Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2019 |
Tahun | Revisi 2019 |
Keterangan | Katalog Dalam Terbitan (KDT)Y INDONESIA, KEMENTERIAN AGAMA FIKIH /Kementerian Agama,- Jakarta : Kementerian Agama 2020. xx, 80 hlm. Untuk Madrasah Ibtidaiyah Kelas I ISBN XXX-XXX-XXXX-XX-X (jilid lengkap) ISBN XXX-XXX-XXX-XXX-X (jilid 6) 1. FIKIH 1. Judul II. Kementerian Agama Republik Indonesia Penulis : Rahmat Kamal, S.Pd.I, M.Pd Editor : Dr. Holilur Rohman, M.H.I Penyelia Penerbitan : Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Cetakan Ke-1, 2020 Kementerian Agama Republik Indonesia Disusun dengan huruf Time New Roman 12 pt, Helvetica LT Std 24 pt, Adobe Nasakh 18pt |
Download | Buku Fikih Siswa Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2019.pdf [ GDrive] Buku Fikih Siswa Kelas 1 Kurikulum 2013 Revisi 2019.pdf [ Mediafire] |
[next]
Bismillahirrahmanirrahim
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, puji syukur hanya milik Allah Swt. yang telah
menganugerahkan hidayah, taufiq dan inayah sehingga proses penulisan buku teks pelajaran PAI dan
bahasa Arab pada madrasah ini dapat diselesaikan. Shalawat serta salam semoga tercurah keharibaan
Rasulullah Saw. Amin.
Seiring dengan terbitnya KMA Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum PAI dan Bahasa
Arab pada Madrasah, maka Kementerian Agama RI melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Islam
menerbitkan buku teks pelajaran. Buku teks pelajaran PAI dan Bahasa Arab pada madrasah terdiri
dari; al-Qur’an Hadis, Akidah Akhlak, Fikih, SKI dan Bahasa Arab untuk jenjang MI, MTs dan MA/
MAK semua peminatan. Keperluan untuk MA Peminatan Keagamaan diterbitkan buku Tafsir, Hadis,
Ilmu Tafsir, Ilmu Hadit, Ushul Fikih, Ilmu Kalam, Akhlak Tasawuf dan Bahasa Arab berbahasa
Indonesia, sedangkan untuk peminatan keagamaan khusus pada MA Program Keagamaan (MAPK)
diterbitkan dengan menggunakan Bahasa Arab.
Perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan komunikasi di era global mengalami perubahan
yang sangat cepat dan sulit diprediksi. Kurikulum PAI dan Bahasa Arab pada madrasah harus bisa
mengantisipasi cepatnya perubahan tersebut di samping menjalankan mandat mewariskan budayakarakter bangsa dan nilai-nilai akhlak pada peserta didik. Dengan demikian, generasi muda akan memiliki kepribadian, berkarakter kuat dan tidak tercerabut dari akar budaya bangsa namun tetap menjadi aktor di zamannya.
Pengembangan buku teks mata pelajaran pada madrasah tersebut di atas diarahkan untuk tidak
sekadar membekali pemahaman keagamaan yang komprehensif dan moderat, namun juga memandu
proses internalisasi nilai keagamaan pada peserta didik. Buku mata pelajaran PAI dan Bahasa Arab inidiharapkan mampu menjadi acuan cara berpikir, bersikap dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari, yang selanjutnya mampu ditransformasikan pada kehidupan sosial-masyarakat dalam konteks
berbangsa dan bernegara.
Pemahaman Islam yang moderat dan penerapan nilai-nilai keagamaan dalam kurikulum PAI di
madrasah tidak boleh lepas dari konteks kehidupan berbangsa dan bernegara yang berdasarkan
Pancasila, berkonstitusi UUD 1945 dalam kerangka memperkokoh Negara Kesatuan Republik
Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika. Guru sebagai ujung tombak implementasi kurikulum harus
mampu mengejawantahkan prinsip tersebut dalam proses pembelajaran dan interaksi pendidikan di
lingkungan madrasah.
Kurikulum dan buku teks pelajaran adalah dokumen hidup. Sebagai dokumen hidup memiliki
fleksibilitas, memungkinkan disempurnakan sesuai tuntutan zaman dan imlementasinya akan terus
berkembang melalui kreatifitas dan inovasi para guru. Jika ditemukan kekurangan maka harus
diklarifikasi kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kemenag RI c.q. Direktorat Kurikulum
Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah (KSKK) untuk disempurnakan.
Buku teks pelajaran PAI dan Bahasa Arab yang diterbitkan Kementerian Agama merupakan
buku wajib bagi peserta didik dan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran di madrasah. Agar
ilmu berkah dan manfaat perlu keikhlasan dalam proses pembelajaran, hubungan guru dengan peserta
didik dibangun dengan kasih sayang dalam ikatan mahabbah fillah, diorientasikan untuk kebaikan
dunia sekaligus di akhirat kelak.
Akhirnya ucapan terima kasih disampaikan kepada semua pihak yang terlibat dalam
penyusunan atau penerbitan buku ini. Semoga Allah SWT. memberikan pahala yang tidak akan
terputus, dan semoga buku ini benar-benar berkah-manfaat bagi Agama, Nusa dan Bangsa. Amin Ya
Rabbal ‘Alamin.
Jakarta, Januari 2020
Direktur Jenderal Pendidikan Islam
Kamaruddin Amin
HALAMAN JUDUL ............................................................................................... i
HALAMAN PENERBITAN ................................................................................... ii
KATA PENGANTAR.............................................................................................. iii
PEDOMAN TRANSLITERASI ............................................................................ iv
DAFTAR ISI ............................................................................................................ vii
DAFTAR GAMBAR ............................................................................................... ix
PETUNJUK PENGGUNAAN BUKU.................................................................... x
KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR ......................................... xiv
PEMETAAN KOMPETENSI DASAR.................................................................. xvi
Bab 1. Islam Agamaku ............................................................................................ 1
Syahadat....................................................................................................... 6
Shalat ........................................................................................................... 7
Zakat ............................................................................................................ 10
Puasa............................................................................................................ 12
Haji .............................................................................................................. 14
Khulashah.................................................................................................... 17
Uji Kompetensi 1 ......................................................................................... 18
Bab 2. Allah Tuhanku, Muhammad Nabiku......................................................... 20
Pengertian Syahadat..................................................................................... 24
Pembagian Syahadat.................................................................................... 24
Lafal Syahadat dan Artinya ......................................................................... 24
Perilaku yang Sesuai dengan Makna Syahadat ........................................... 28
Khulashah.................................................................................................... 29
Uji Kompetensi 2 ......................................................................................... 30
Bab 3. Allah Mencintai Orang yang Suci .............................................................. 31
Tata Cara Bersuci dari Najis........................................................................ 35
Macam-macam Najis ................................................................................... 37
Istinja ........................................................................................................... 41
Khulashah.................................................................................................... 45
Uji Kompetensi 3 ......................................................................................... 46
Penilaian Akhir Semester........................................................................................ 47
Bab 4. Berwudu itu Mudah..................................................................................... 50
Urutan Berwudu........................................................................................... 55
Tata Cara Wudu........................................................................................... 57
Rukun Wudu................................................................................................ 59
Sunnah Wudu............................................................................................... 60
Doa Setelah Wudu ....................................................................................... 62
Hal-hal yang Membatalkan Wudu............................................................... 64
Khulashah.................................................................................................... 67
Uji Kompetensi 4 ......................................................................................... 68
Bab 5. Aku Bisa Tayamum ..................................................................................... 69
Urutan Tayamum ......................................................................................... 73
Tata Cara Tayamum .................................................................................... 74
Niat Tayamum ............................................................................................. 75
Manfaat Tayamum....................................................................................... 76
Khulashah.................................................................................................... 77
Uji Kompetensi 5 ......................................................................................... 78
Penilaian Akhir Semester........................................................................................ 79
DAFTAR PUSTAKA
GLOSARIUM
INDEKS
COMMENTS